Wisata Bukit Bangkirai dengan Hutan Hujan Tropis

Wisata Bukit Bangkirai dengan  Hutan Hujan Tropis

Bukit Bangkirai dengan Pemandangan Hutan Hujan Tropis

Punya rencana berlibur tapi tidak tahu harus kemana? Dari pada jalan-jalan di kota yang banyak polusi dan macet, lebih baik pilih wisata alam. Bagaimana dengan mencoba liburan ke Kalimantan Timur? Di sana ada salah satu objek wisata indah bernama Bukit Bangkira, disana kita bisa melihat indahnya hutan tropis. Pernah masuk televisi juga loh di sebuah acara traveling yang terkenal. Seperti apa dan apa yang bisa dilakukan wisata di bukit ini? Lihat pembahasannya di sini.

Bukit Bangkirai adalah tempat wisata terletak di sebuah hutan hujan tropis yang ada di Kalimantan Timur. Termasuk tempat wisata yang langka karena jumlah hutan hujan tropis di Indonesia hanya ada sedikit lagi. Pemandangan di bukit Bangkirai  sebesar 1.500 hektare ini sangat indah karena banyaknya pohon besar. Umumnya tinggi pohon di Bukit Bangkirai ini adalah 40 sampai 50 meter dengan diameter yang sangat besar, bahkan usianya sudah ada yang 150 tahun.

(Pohon-pohon Tinggi di bukt bangkirai)
Bukit Bangkirai dengan Pemandangan Hutan Hujan Tropis

Hal menarik yang bisa dilakukan di Bukit Bangkirai ini adalah dengan menyeberangi jembatan gantung yang pertama di Indonesia sepanjang 63 meter. Namanya adalah Canopy Bridge yang dibuat di Amerika Serikat. Jembatan ini mengabungkan lima buah pohon bangkirai setinggi 30 sampai 40 meter. Ketika berjalan di atasnya adrenalin akan berpacu apalagi jika angin sedang menerpa yang akan membuat Anda berayun di atas jembatan.

Hal yang bisa Anda lihat dari atas jembatan adalah panorama hutan penuh pepohonan yang sangat alami. Pemandangan seperti ini langka karena ciri khas hutan hujan tropis berbeda dengan hutan pada umumnya.

canop y bridge
Bukit Bangkirai dengan Pemandangan Hutan Hujan Tropis ( Canopy Bridge}

 

Untuk bisa masuk ke Wisata bukit Bangkirai atau hutan ini Anda harus membayar tiket masuk yang harganya murah sekali. Bagi orang dewasa cukup membayar 3500 rupiah sedangkan anak-anak 1500 rupiah. Apabila Anda membawa mobil maka harus membayar parkir seharga 5000 rupiah. Namun untuk naik Canopy Bridge, harus membayar seharga 20 ribu rupiah. Harga yang cukup murah untuk menikmati pemandangan hutan yang sangat indah.

Di bukit ini juga Anda bisa menyewa penginapan jika terlalu lelah untuk melanjutkan perjalanan pulang.  Namanya adalah jungle cabin. Namun penginapan ini beda dengan penginapan pada umumnya. Kenapa? Oleh karena tidak ada aliran listrik sama sekali. Anda jadi bisa merasakan menyatu dengan alam, anggap saja sedang ada di jaman dulu.

Di mana lagi ada tempat seperti ini jika bukan di Kalimantan Timur, keunikan serta keindahan wisata bukit Bangkirai dengan hutan trop[snya bisa menjadi alternatif untuk pengemar wisata alam.

 

Baca Juga : Kursus Internet Marketing Bagus dan Terpercaya di Banda Aceh 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *